Selasa, 10 Mei 2016

LUPUS


Awalnya, gue gak ngerti apa penyakit lupus itu. Yang gue tau di era 90 an jamannya gue masih pake rok merah putih, kulit kusam, dan rambut merah karena kelamaan main panas-panasan, lupus itu maksudnya adalah "Lupakan Urusan Pacar Utamakan Sekolah". Tapi semenjak 2 tahun terakhir ini, gue mulai ngerti ternyata ada penyakit yang namanya Lupus. Ini pun gue baru tau setelah kakak gue sendiri mengidap penyakit yang katanya langka itu.
Bagi yang belum mengenal penyakit ini, Lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Inflamasi akibat lupus dapat menyerang berbagai bagian tubuh, misalnya:
  • Kulit
  • Sendi
  • Sel darah
  • Paru-paru
  • Jantung
  • Dll




Sebelum terkena lupus

Dalam kasus kakak gue, menurut dokter inflamasi akibat lupus yang diserang adalah bagian ginjal. Gejala yang muncul seringkali mirip dengan penyakit lain sehingga sulit untuk didiagnosis. Gejala lupus sangat beragam. Ada yang ringan dan ada juga yang bahkan mengancam jiwa. Penyakit ini memang tidak menular, tapi bisa berbahaya dan bahkan berpotensi mematikan. Gejala awal kakak gue waktu itu adalah ruam kulit berwarna kemerahan yang muncul di kedua pipinya, gak seperti biasanya dia selalu kelelahan sepulang dari kuliah, sakit dan pembengkakan pada tubuhnya. Bahkan berat badannya yang semula sekitar 38 kg bertambah drastis hingga mencapai hampir 50 kg karena tubuhnya yang membengkak.





Setelah terkena lupus


Lupus merupakan penyakit autoimun adalah istilah yang digunakan saat sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Penyebab kondisi autoimun pada lupus belum diketahui. Sistem kekebalan tubuh penderita lupus akan menyerang sel, jaringan, dan organ yang sehat. Ada juga yang menganggap pemicu dan penyebab munculnya penyakit lupus pada beberapa orang adalah karena pengaruh faktor genetika dan lingkungan.

Menurut sumber yang gue baca, Penyakit ini kebanyakan menyerang wanita pada usia 15-50 tahun (usia masa produktif). Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa lupus juga dapat menyerang anak-anak dan pria.

Ada beberapa tipe lupus, antara lain :

  • Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE).
  • Lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE).
  • Lupus akibat penggunaan obat.
Jenis lupus yang menyerang kakak gue sendiri adalah lupus eritematosus sistemik/SLE. 

SLE tidak bisa disembuhkan. Kakak gue sendiri hanya bertahan sampai kurang lebih 6 bulan. tetapi ada juga temen tante gue yang sampai sekarang masih bertahan kurang lebih 2 tahun ini. Sebenarnya tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi tingkat gejala serta mencegah kerusakan organ pada penderita SLE. Untuk lebih lanjut klik link berikut http://www.alodokter.com/lupus/


Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar